Optimalisasi Strategi TikTok untuk Penjualan Batu Permata di @griyapermata

Authors

  • Muhmmad Fahrus Firmansyah Putra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.53697/jid.v3i2.36

Keywords:

Pemasaran TikTok, Penjualan Batu Permata, Strategi Promosi, Dampak Media Sosial, Keterlibatan Konsumen

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas TikTok sebagai alat promosi penjualan batu permata, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memahami strategi promosi sebuah usaha batu permata. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi selama periode tiga bulan untuk mengumpulkan data. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan TikTok dalam bauran pemasaran secara signifikan meningkatkan profil bisnis dan memperkuat angka penjualannya, dengan peningkatan yang luar biasa sebanyak 2531 batu permata terjual. Hasil ini menekankan potensi platform media sosial seperti TikTok tidak hanya sebagai sarana hiburan tetapi juga sebagai kanal promosi yang efektif di pasar konsumen. Implikasi dari penelitian ini menyarankan bahwa bisnis, terutama di pasar niche, dapat memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan visibilitas dan hasil penjualan mereka secara efektif.

References

A. Anggito and J. Setiawan, "Metodologi Penelitian Kualitatif," 1st ed., Sukabumi Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

A. S. Ellysa Rahma Santi, "Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Promosi Online terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Sate Taichan Banjar D'Licious)," Oper. Supply Manag., vol. 2, no. 1, pp. 51–60, 2018.

C. B. Dewa and L. A. Safitri, "Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Promosi Industri Kuliner di Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie)," Khasanah Ilmu - J. Pariwisata Dan Budaya, vol. 12, no. 1, pp. 65–71, 2021, doi: 10.31294/khi.v12i1.10132. DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

D. Untari and D. E. Fajariana, "Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik)," Widya Cipta, vol. 2, no. 2, pp. 271–278, 2018, Available: [link](http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta).

dataindonesia.id, "Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023," Available: [link](https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023).

Dialeksis.com, "Awal Tahun 2023, Cincin Batu Akik Kembali Jadi Pilihan Fesyen Masyarakat Aceh," 22 Januari 2023.

H. Nufus and T. Handayani, "Strategi Promosi dengan Memanfaatkan Media Sosial TikTok dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada TN Official Store)," 2022. DOI: https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

J. K. Lontoh, A. L. Tumbel, and R. Kawet, "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Promosi bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow di Kota Tomohon," J. Emba J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 8, no. 4, pp. 11–20, 2020.

kompas.com, "Indonesia Pengguna TikTok Terbesar Kedua di Dunia, Mengapa Aplikasi Ini Begitu Digemari?," 19 Januari 2023. Available: [link](https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/19/200000065/indonesia-pengguna-tiktok-terbesar-kedua-di-dunia-mengapa-aplikasi-ini?page=all).

L. K. B. Martini and L. K. C. Dewi, "Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prilaku Konsumtif," Pros. Semin. Nas. Has. Penelit., vol. 5, no. 1, pp. 38–54, 2021.

N. Afifah and D. Defrizal, "Analisis Strategi Promosi Wisata untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung," vol. 1, no. 3, pp. 245–252, 2022. DOI: https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.245

O. Nata, "Strategi Promosi PT. Atina Rahmataka Wisata Cabang Bengkulu dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah," 2021.

P. Febriana, "Buku Ajar Cyber Public Relation," Buku Ajar Cyber Public Relat., 2018, doi: 10.21070/2018/978-602-5914-23-2. DOI: https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-23-2

R. N. H. Wulandari, "Analisis Strategi Promosi Jasa Make Up Pengantin di Paras Asri Wedding Organizer Melalui Media Sosial," Ejournal.Unesa.Ac.Id, vol. 11, pp. 49–57, 2022, Available: [link](https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/44407/37766).

R. Putra, "Strategi Promosi Pasar Van Der Capellen," 2021, Available: [link](https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/21282).

R. Syahputra, "Strategi Pemasaran dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan," Ecobisma (Jurnal Ekon. Bisnis Dan Manajemen), vol. 6, no. 2, pp. 83–88, 2019, doi: 10.36987/ecobi.v6i2.8. DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.8

radarbanyuwangi.jawapos.com, "Batu Akik Booming Lagi, Kolektor Rancang Pameran Lokal hingga Nasional," 28 Juni 2022. Available: [link](https://radarbanyuwangi.jawapos.com/features/28/06/2022/batu-akik-booming-lagi-kolektor-rancang-pameran-lokal-hingga-nasional/).

Voi.id, "Cara Promosi di TikTok untuk Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness," Available: [link](https://voi.id/ekonomi/243022/cara-promosi-di-tiktok).

Yulianti, "Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam," 2019.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Firmansyah Putra, M. F. ., & Febriana, P. (2024). Optimalisasi Strategi TikTok untuk Penjualan Batu Permata di @griyapermata. Jurnal Inovasi Daerah, 3(2), 91–107. https://doi.org/10.53697/jid.v3i2.36

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.