Video Profil untuk Promosi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Authors

  • M Ghulam Zakiyan Fadlillah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.53697/jid.v3i2.35

Keywords:

Pemasaran Digital, Promosi Pendidikan, Profil Video, Strategi Rekrutmen, Produksi Media

Abstract

Studi ini mengeksplorasi efikasi profil video digital sebagai alat promosi untuk institusi pendidikan, dengan tujuan meningkatkan perekrutan dan pengenalan merek. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara, dilengkapi dengan analisis media cetak yang ada dan kerangka teori tentang produksi media. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan akan strategi promosi yang lebih dinamis dan efektif, mengarah pada perancangan dan implementasi profil video menggunakan Adobe Premiere. Hasil menunjukkan bahwa profil video secara signifikan meningkatkan visibilitas institusi, menarik calon siswa dan orang tua serta mendorong pendaftaran. Hal ini menunjukkan bahwa profil video digital, jika digunakan secara efektif, dapat berfungsi sebagai alat pemasaran pendidikan yang kuat, menawarkan implikasi luas untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan institusi di era digital.

References

A. Supriyanto, Aswandi, and H. M. Chiar, "Manajemen Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Karya Sekadau," J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, no. 2, pp. 1–15, 2017. [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18384.

D. I. Desrianti, G. Maulani, and D. Krisdiana, "Video Profile Sebagai Media Penunjang Promosi pada Sdk Penabur Gading Serpong," CCIT J., vol. 12, no. 2, pp. 149–157, 2019, doi: 10.33050/ccit.v12i2.684. DOI: https://doi.org/10.33050/ccit.v12i2.684

A. Aan, N. K. Kertiasih, I. P. Budhayasa, "Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika," JST (Jurnal Sains dan Teknol.), vol. 6, no. 2, pp. 238–247, 2017, doi: 10.23887/jstundiksha.v6i2.10705. DOI: https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v6i2.10705

A. Anggarini, MRR. Tiyas Maheni, Dwi Agnes NB, Rachmadita Dwi Pramesti, and Susilawati, "Konsep Visual Video Profil Sebagai Media Promosi Program Studi Desain Grafis Politeknik Negeri Jakarta," J. Dimens. DKV Seni Rupa dan Desain, vol. 7, no. 2, pp. 175–186, 2022, doi: 10.25105/jdd.v7i2.12397. DOI: https://doi.org/10.25105/jdd.v7i2.12397

M. A. Aulia, A. Putra, "Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi pada Celoe LMS," vol. 8, no. 5, pp. 7230–7235, 2021.

F. Reviansyach Dewandra and M. Ariffudin Islam, "Analisis Teknik Pengambilan Gambar One Shot Pada Film 1917 Karya Sam Mendes," J. Barik, vol. 3, no. 2, pp. 242–255, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

D. N. Bonafix, "Videografi: Kamera dan Teknik Pengambilan Gambar," Humaniora, vol. 2, no. 1, p. 845, 2011, doi: 10.21512/humaniora.v2i1.4015. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.4015

Z. Apriliani, U. Hasanah, and A. S. Anas, "Pembuatan Video Profil dengan Efek Vintage Kampung Wisata Adat Sengkoah sebagai Media Informasi," JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 1, pp. 57–65, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i1.15. DOI: https://doi.org/10.35746/jtim.v1i1.15

R. Yulianna, "Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Atas 2 Surakarta," ISSN 2302-1136 - Seruni.id, vol. 2, no. 1, pp. 23–29, 2013. [Online]. Available: http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/691

J. E. Manuel, "Perancangan Video Company Profile SDK YBPK 3 Surabaya sebagai Upaya Meningkatkan Promosi," 2018. [Online]. Available: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3427/

F. Kusumo and Sulartopo, "Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi pada Toko Citra Meubel Semarang," Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 12, no. 1, pp. 33-41, 2019.

R. P. Sari and A. Abdullah, "Analisis Isi Penerapan Teknik Sinematografi Video Klip Monokrom," J. Ris. Mhs. Dakwah dan Komun., vol. 1, no. 6, p. 418, 2020, doi: 10.24014/jrmdk.v2i1.9236. DOI: https://doi.org/10.24014/jrmdk.v2i1.9236

I. Kunto, D. Ariani, R. Widyaningrum, and R. Syahyani, "Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran," J. Pembelajaran Inov., vol. 4, no. 1, pp. 108–120, 2021, doi: 10.21009/jpi.041.14. DOI: https://doi.org/10.21009/JPI.041.14

T. Rachman, "Perancangan Video Promosi," Angew. Chemie Int. Ed., vol. 6, no. 11, pp. 951–952, 2018.

O. Supriyani, "Perancangan Animated Storyboard Serial Animasi Keluarga 'Rumahku' Perancangan," 2020.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Zakiyan Fadlillah , M. G. ., & Febriana, P. . (2024). Video Profil untuk Promosi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Daerah, 3(2), 70=90. https://doi.org/10.53697/jid.v3i2.35

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.