UPAYA PENYELESAIAN MASALAH DANA BANTUAN SOSIAL COVID-19: INOVASI PELAYANAN PUBLIK LAPAK DUREN BASOPI DI KECAMATAN AMPEL

Authors

  • Dedi Sukaendi Kantor Kecamatan Ampel

Keywords:

Covid-19, Dana Bansos, Inovasi, Pelayanan Publik, Lapak Duren Basopi

Abstract

Pada saat pandemi COVID-19 ini banyak bantuan Pemerintah yang diberikan kepada masyarakat, sebagai wujud perhatian Pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi warga miskin ataupun warga dengan kriteria tertentu, sehingga dinyatakan layak dan berhak menerima bantuan tersebut. Tentunya bantuan tersebut dapat dinyatakan tepat sasaran, tetapi ada penilaian beberapa pihak yang menyatakan adanya ketidak tepatan penerimaan bantuan. Bahkan ada beberapa warga yang menurut penilaian kita masuk kriteria penerima, tapi kenyataan di lapangan ada yang belum menerima bantuan dari manapun. Metode penelitian yang diguanakna dalam penelitian ini adalah metode research & developmen (R&D). Dikarenakan adanya permasalahan tersebut, Kecamatan Ampel mengadakan inovasi pelayanan publik dituangkan dalam bentuk 1 (satu) kegiatan pendataan sosial yaitu Lapak Duren Basopi (Lapor ada masyarakat during entuk bantuan soko pemerintah). Inovasi ini mempunyai manfaat sebagai database masyarakat yang belum menerima bantuan baik dari Pemerintah dan Non Pemerintah, alokasi bantuan bisa berasal dari BAZNAS, KORPRI, DBHCHT dan lainnya. Hal ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pemangku kebijakan dalam memberikan bantuan untuk masyarakat. Yang tidak mensyaratkan masuk dalam DTKS, tapi yang bersangkutan sangat membutuhkan dan layak menerima. Tentunya Kecamatan Ampel dalam melaksanakan kegiatan tersebut tidak bisa berdiri sendiri dikarenakan keterbatasan dana. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut menggandeng Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah. Instansi Pemerintah diantaranya Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI, Baznas, Pemerintah Desa, yang dibantu oleh Bidan Desa, TKSK, PKH, Penyuluh KB, Kader Desa.

References

Adawiyah, P. R. (2018). Inovasi Dalam Pelayanan Publik Di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Politico, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.32528/politico.v18i2.1659

Andhika, L. R. (2018). Elemen dan Faktor Governansi Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), 207–222.

Apriyani, R., & Vernanda, P. H. (2020). Kesimpangsiuran Pembagian Bantuan Sosial (Bansos) Ditengah Pandemi Covid-19. 7.

Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 66–66. https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1412

Ciotti, M., Ciccozzi, M., Terrinoni, A., Jiang, W.-C., Wang, C.-B., & Bernardini, S. (2020). The COVID-19 pandemic. Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences, 57(6), 365–388. https://doi.org/10.1080/10408363.2020.1783198

Eldo, D. H. A. P., & Mutiarin, D. (2018). Analisis Best Practice Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Inovasi Pelayanan “Kumis MbahTejo” di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 156–167. https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.16753

Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Caraka Prabu : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456

Febryan, & Huda, M. A. (2021, December 27). Ombudsman Temukan Empat Masalah Penyaluran Bansos Kemensos, Perbaikan Ditunggu 30 Hari. Republika Online. https://republika.co.id/share/r4rnyu487

Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 23–30. https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p23-30

Mochammad, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik: KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 1–20.

PANRB. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaran Pelayanan Publik.

PANRB. (2014). Permen PAN & RB No. 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132748/permen-pan-rb-no-30-tahun-2014

Perpres No. 54. (2020). PERPRES No. 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020 [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135243/perpres-no-54-tahun-2020

Ph, L., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 bagi Perekonomian Masyarakat Desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48.

Rahmansyah, W., Qadri, R. A., Sakti, R. R. A., & Ikhsan, S. (2020). Pemetaan Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial Untuk Penanganan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 2(1), 90–102. https://doi.org/10.31092/jpkn.v2i1.995

Salam, R. (2021). Perubahan dan Inovasi Pelayanan Publik Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Journal of Public Administration and Government, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.22487/jpag.v3i1.138

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan ( Research & Development ) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Aswaja Pressindo.

Tiamiyu, R. A., & Wijaya, J. H. (2020). Covid-19, The Pandemic That May Save The World From War And Change It To A Better Place For The Living. TheJournalish: Social and Government, 1(2), 49–59.

Wahyuni, D. (2021). Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. 6.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Sukaendi, D. . (2022). UPAYA PENYELESAIAN MASALAH DANA BANTUAN SOSIAL COVID-19: INOVASI PELAYANAN PUBLIK LAPAK DUREN BASOPI DI KECAMATAN AMPEL. Jurnal Inovasi Daerah, 1(1), 01–09. Retrieved from https://inovdaboy.pubmedia.id/index.php/jid/article/view/1

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.