MBOLALI METAL (MEDIA BELAJAR ONLINE SISWA BOYOLALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL) PENDIDIKAN

Authors

  • Bayu Romli Idris Pemerintah Kab. Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.53697/jid.v1i2.17

Keywords:

Media, Belajar, Online, Literasi

Abstract

Pemeritah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini sedang mensosialisasikan pengembangan pendidikan berbasis digital. Hal tersebut demi mewujudkan Revolusi Industri 4.0 di bidang pendidikan. Dengan harapan Indonesia nantinya akan memiliki sumber daya manusia yang unggul dan dapat bersaing di era global. Kami sebagai pendidik (guru) berupaya menerapkan metode pembelajaran secara digital. Salah satu inovasi pembelajaran yang kami lakukan adalah dengan membuat sebuah media aplikasi pembelajaran interaktif berbasis android. Aplikasi ini kami namakan dengan “Mbolali Metal” (Media Belajar Online Siswa Boyolali untuk Meningkatkan Literasi Digital). Aplikasi ini merupakan suatu aplikasi pembelajaran berbasis android yang dapat di instal di smartphone, sehingga siswa dapat belajar secara efektif baik secara kelompok maupun mandiri (self-learning). Didalam aplikasi tersebut terdapat kelengkapan pembelajaran seperti tujuan pembelajaran, materi, video pembelajaran, kuis atau evaluasi yang dapat dikerjakan peserta didik khususnya siswa-siswi yang ada di Boyolali. Aplikasi ini kami beri nama “Mbolali Metal”, terinspirasi visi Bupati dan Wakil Bupati Boyolali yaitu “Boyolali Metal” Boyolali Maju, Meneruskan Pro Investasi Melangkah dan Menata Bersama, Penuh Totalitas. Sedangkan “Mbolali” adalah sebutan siswa-siswi/ anak muda, Ketika menyebut nama Boyolali.

References

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), Article 2.

Clark, R. E. (1994). Media and Method. Educational Technology Research and Development, 42(3), 7–10. DOI: https://doi.org/10.1007/BF02298090

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862 DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728 DOI: https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2), Article 2. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/872

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10628

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Idris, B. R. (2022). MBOLALI METAL (MEDIA BELAJAR ONLINE SISWA BOYOLALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL) PENDIDIKAN. Jurnal Inovasi Daerah, 1(2), 122–134. https://doi.org/10.53697/jid.v1i2.17

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)