Produk Ramah Lingkungan Mendorong Keputusan Pembelian Mie Instan Di Indonesia

Authors

  • Khofifah Nuraini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rifdah Abadiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.53697/jid.v3i2.37

Keywords:

Green Produk, Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian, Brand Image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Produk Ramah Lingkungan dan Labelisasi Halal terhadap keputusan pembelian melalui citra merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form, dan analisis data dilakukan dengan program SPSS Statistik versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk Ramah Lingkungan memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Citra Merek, serta Labelisasi Halal juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Citra Merek. Selain itu, Citra Merek memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Produk Ramah Lingkungan dan Labelisasi Halal juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek. Hasil ini menunjukkan pentingnya faktor-faktor tersebut dalam meningkatkan keputusan pembelian mie instan ramah lingkungan di Indonesia, yang dapat menjadi acuan bagi strategi pemasaran produk ramah lingkungan dan berlabel halal.

References

A. I. Lohonusa dan Y. Mandagie, “Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu ‘ Converse’ Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi Manado,” J. EMBA, vol. Vol. 9 No.4, no. 4, hal. 511–520, 2021, [Daring]. Tersedia pada: file:///C:/Users/kadek/Downloads/iogi2018,+03.+Anjani+Inttan+Lohonusa.+OK.pdf

A. T. Wilia, “2022,” vol. 10, no. 2021, hal. 1227–1236, 2022.

D. F. Priyanka, “Pengaruh Green Product Dan Green Promotion Terhadap Brand Image Pt Suzuki Indomobil Di Kota Padang,” J. Ecogen, vol. 2, no. 2, hal. 165, 2019, doi: 10.24036/jmpe.v2i2.6677. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.6677

D. G. Gunawan, “Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image Dan Brand Trust,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 8, no. 1, hal. 815, 2022, doi: 10.29040/jiei.v8i1.4508. DOI: https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4508

E. Karla dan Stevianus, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo,” UG J., vol. 16, hal. 10–15, 2022.

H. Aryadi dan W. Wahyuni, “Jurnal Akuntasi dan Manajemen,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 16, no. 02, hal. 225–238, 2019. DOI: https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.244

H. N. Hanifah, N. Hidayati, dan R. Mutiarni, “Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 2, no. 1, hal. 37–44, 2019, doi: 10.26533/jmd.v2i1.345. DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345

I. BAB, “1.1 Gambaran Umum Objek Penelitian,” Icon, hal. 62–72, 2008, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/13679%0Ahttp://repository.untag-sby.ac.id/13679/10/LAMPIRAN.pdf

I. A. Chaniago, “Jurnal Manajemen Jurnal Manajemen,” Anal. Fakt. Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mie iIstan merek indomie ( Stud. Kasus Mhs. Anak Kost Fak. Ekon. Univ. Negeri Malang), vol. 1, no. 2, hal. 131–143, 2022. DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v1i2.27078

J. Philia, Widayat, Hadiyanto, M. Suzery, dan I. A. Budianto, “Diversifikasi Tepung Mocaf Menjadi Produk Mie Sehat Di PT. Tepung Mocaf Solusindo,” Indones. J. Halal, vol. 2, no. 2, hal. 40–45, 2020.

K. Kosasih dan V. Paramarta, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien di Puskesmas,” J. Soshum Insentif, hal. 67–76, 2020, doi: 10.36787/jsi.v3i1.223. DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.223

M. A. TRIANDEWO dan Y. YUSTINE, “Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pada Loyalitas Konsumen,” J. Bisnis dan Akunt., vol. 22, no. 1, hal. 13–24, 2020, doi: 10.34208/jba.v22i1.743. DOI: https://doi.org/10.34208/jba.v22i1.743

M. Septiani dan R. Zulfikar, “Pengaruh Green Product Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Lemonilo Di Toko Organic Bandung,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2017.

M. I. Iffathurjannah dan Harti Harti, “Pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Lemonilo,” J. Akuntabel, vol. 18, no. 2, hal. 235–246, 2021.

M. E. Nandaika dan N. N. R. Respati, “Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada produk fashion merek Uniqlo di Denpasar),” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 10, no. 6, hal. 539, 2021, doi: 10.24843/ejmunud.2021.v10.i06.p02. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i06.p02

N. Alfia dan J. Dwiridotjahjono, “Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Lipstik Wardah,” Reslaj Relig. Educ. Soc. Laa Roiba J., vol. 5, no. 1, hal. 138–151, 2022, doi: 10.47467/reslaj.v5i1.1289. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1289

P. A. Gunawan dan Y. S. Kunto, “Pengaruh Brand Image Dan Nutrition Label Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo: Efek Moderasi Orientasi Makanan Sehat,” J. Manaj. Pemasar., vol. 16, no. 1, hal. 48–56, 2022, doi: 10.9744/pemasaran.16.1.48-56. DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.1.48-56

P. F. Perry, “Brand image,” New Sci., vol. 165, no. 2229, hal. 57, 2000.

R. Nurhayati, M. Hasanuddin, dan D. Suyandi, “Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo,” vol. 2, no. 2, hal. 15–29, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://digilib.uinsgd.ac.id/49692/ DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v2i2.17401

Rokhmatullaeli, “Pengaruh Labelisasi Halal, Green Product, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Lemonilo,” vol. 2, no. 0341, hal. 552249, 2015.

R. Ahmad, “Memaknai Dan Mengembangkan Keberagaman Peserta Didik Melalui Pendidikan Inklusif,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 10, no. 2, hal. 70, 2010, doi: 10.24036/pendidikan.v10i2.2243. DOI: https://doi.org/10.24036/pendidikan.v10i2.2243

Rahmadi Islam, “Pengaruh Employee Engagement dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta,”, vol. العدد الحا, no. 3, hal. 1–13, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020 DOI: https://doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041

T. A. Reta dan P. Y. Leksono, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Lemonilo,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 1, no. 1, hal. 437–443, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/4675/4673/

V. Sarasi, A. Helmi, dan A. F. Burhanudin, “Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Desain Kemasan Terhadap Pembelian Mie Instan Impor,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 9, no. 1, hal. 105–115, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7885DOI:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7885

Z. Dhaefina, M. A. Nur, V. F. Sanjaya, dan I. Artikel, “Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Image dan Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Lemonilo pada Media Sosial Intagram,” J. Manaj., vol. 7, no. 1, hal. 43–48, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.lmiimedan.net

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Nuraini, K., & Abadiyah, R. . (2024). Produk Ramah Lingkungan Mendorong Keputusan Pembelian Mie Instan Di Indonesia. Jurnal Inovasi Daerah, 3(2), 107–127. https://doi.org/10.53697/jid.v3i2.37

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.