SI KUNTI: APLIKASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PARIWISATA BUDAYA PADA KOMPLEKS PETIRTAAN CABEAN KUNTI KABUPATEN BOYOLALI

Authors

  • Az-zahratul Mi’roj SMA Negeri 1 Ampel, Jalan Pantaran Kilometer 1, Ampel, Boyolali
  • Endang Aprianti SMA Negeri 1 Ampel, Jalan Pantaran Kilometer 1, Ampel, Boyolali
  • Jiyan Ockta Ramadhani SMA Negeri 1 Ampel, Jalan Pantaran Kilometer 1, Ampel, Boyolali
  • Nevara Meisya Ezzel SMA Negeri 1 Ampel, Jalan Pantaran Kilometer 1, Ampel, Boyolali
  • Slamet Widodo SMA Negeri 1 Ampel, Jalan Pantaran Kilometer 1, Ampel, Boyolali

Keywords:

SI KUNTI, APLIKASI, MEDIA

Abstract

Di Kabupaten Boyolali terdapat cagar budaya salah satunya Kompleks Petirtaan Cabean Kunti yang berada di Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Keberadaan situs cagar budaya ini kurang dikenali masyarakat luas. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi mengenai Situs Petirtaan Cabean Kunti. Dari permasalahan tersebut peneliti membuat sebuah aplikasi yang Bernama Si Kunti yang dapat digunakan untuk mengakses informasi lengkap mengenai situs Kompleks Petirtaan Cabean Kunti. Maksud dan tujuan dari aplikasi Si Kunti yaitu agar masyarakat mendapatkan informasi tentang cagar budaya khususnya petirtaan yang ada di Kabupaten Boyolali. Aplikasi ini mempunyai keunggulan di antaranya pengguna dapat dengan mudah mengakses wisata budaya yang akan dikunjungi, objek wisata budaya dapat dijangkau oleh seluruh wisatawan, keterangan jelas dalam fitur aplikasi, biaya dalam pembuatannya murah, tidak ada iklan pada aplikasi Si Kunti, bisa diterima oleh seluruh wisatawan karena menggunakan multibahasa dan wisatawan dalam mengakses hanya perlu menggunakan jaringan data tanpa harus mengeluarkan biaya.  Keunikan dalam aplikasi Si Kunti, belum ada yang membuat aplikasi Si Kunti yang menjelaskan detail tentang Kompleks Pertitaan Cabean Kunti Kabupaten Boyolali pada Play Store, aplikasi Si Kunti secara keseluruhan sudah siap digunakan dengan cara mendownload di aplikasi Play Store yang memuat sejarah, filosofi, fasilitas yang ada, lokasi, akses jalan, dan sisi lain mengenai Kompleks Petirtaan Cabean Kunti Kabupaten Boyolali.

References

Buranasing, W., & Phoomvuthisarn, S. (2019). Information Extraction for Cultural Heritage Knowledge Acquisition Using Word Vector Representation. In L. Barolli, N. Javaid, M. Ikeda, & M. Takizawa (Eds.), Complex, Intelligent, and Software Intensive Systems (pp. 419–430). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-93659-8_37

Kahn, K. B. (2018). Understanding innovation. Business Horizons, 61(3), 453–460. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2018.01.011

Mauro, N. (2019). Supporting the Exploration of Cultural Heritage Information via Search Behavior Analysis. Adjunct Publication of the 27th Conference on User Modeling, Adaptation and Personalization, 371–376. https://doi.org/10.1145/3314183.3323862

Rahardja, U., Aini, Q., & Maulana, S. (2021). Blockchain innovation: Current and future viewpoints for the travel industry. IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), 3(1), 8–17.

Saputro, B. (2017). MANAJEMEN PENELITIAN PENGEMBANGAN ( RESEARCH & DEVELOPMENT ) BAGI PENYUSUN TESIS DAN DISERTASI. Aswaja Pressindo.

Sunaryo, S., Handojo, A., & Andjarwirawan, J. (2013). PEMBUATAN APLIKASI WISATA SEJARAH PERTEMPURAN SURABAYA 1945 BERBASIS ANDROID. Jurnal Infra, 1(2), 140–145.

Tobiasz, A., Markiewicz, J., Łapiński, S., Nikel, J., Kot, P., & Muradov, M. (2019). Review of Methods for Documentation, Management, and Sustainability of Cultural Heritage. Case Study: Museum of King Jan III’s Palace at Wilanów. Sustainability, 11(24), 7046. https://doi.org/10.3390/su11247046

Wulur, H. W., Sentinuwo, S., & Sugiarso, B. (2015). Aplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara. Jurnal Teknik Informatika, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.35793/jti.6.1.2015.9953

Xiang, Z., & Fesenmaier, D. R. (2020). Travel Information Search. In Z. Xiang, M. Fuchs, U. Gretzel, & W. Höpken (Eds.), Handbook of e-Tourism (pp. 1–20). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-05324-6_55-1

Yuliana, A., & Lisdianto, E. (2017). Aplikasi Virtual tour Sebagai MediaPromosi Objek Wisata di Stone Garden Kab. Bandung Barat | KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer. http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/6

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Mi’roj, A.- zahratul ., Aprianti, E. ., Ramadhani, J. O. ., Ezzel, N. M. ., & Widodo, S. . (2022). SI KUNTI: APLIKASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PARIWISATA BUDAYA PADA KOMPLEKS PETIRTAAN CABEAN KUNTI KABUPATEN BOYOLALI. Jurnal Inovasi Daerah, 1(1), 46–58. Retrieved from https://inovdaboy.pubmedia.id/index.php/jid/article/view/9

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.